Aksi Memperingati Kemerdekaan Papua: Dari Sorong sampai Jakarta

2022-12-01 20:12:41 Dipublish Oleh: Admin RA




Gambar: Nasional Tempo. co

 

Indonesia, 1 Desember diklaim sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua. Warga Papua di berbagai wilayah di Indonesia melakukan unjuk rasa. Hal ini sebagai refleksi serta pengingat bagi warga Papua sebagai sejarah bangsanya (1/12). Namun, aksi yang berlangsung pada hari ini mendapatkan tindakan represif dari aparatur negara.

 

Hal itu sesuai dengan ultimatum Kapolda Papua Barat melalui siaran pers, di Manokwari, Rabu (30/11) malam, juga mengarahkan polres jajaran agar meningkatkan pengamanan di masing-masing wilayah untuk mencegah terjadinya aksi yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia. 

 

“Jika ada aksi dari kelompok-kelompok tertentu yang berpotensi mengganggu ketertiban umum, akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujar Kapolda Papua Barat.

 

Kota-kota yang melakukan aksi memperingati kemerdekaan Papua pada 1 Desember 2022:

 

Kupang, Nusa Tenggara Timur

Puluhan mahasiswa Papua yang berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur, melakukan unjuk rasa memperingati kemerdekaan Papua. Meski pada tanggal 28 November 2022, mahasiswa sudah melayangkan surat pemberitahuan ke Polres kota Kupang. Aksi mahasiswa di Kupang mendapatkan represifitas dari aparat kepolisian.

 

Ternate, Maluku Utara 

Ternate, (1/12) Massa aksi yang tergabung dalam FRI-West Papua (Front Rakyat Indonesia untuk West Papua) melakukan demonstrasi damai di depan Kampus di Ternate. Ada 3 tuntutan yang dibawa oleh FRI-West Papua: menolak produk kolonialisme Indonesia melalui Otsus, demiliterisasi di Papua dan berikan hak menentukan nasib sendiri. Aksi yang dilakukan oleh FRI-West Papua di Ternate mengalami represifitas dengan ditangkapnya 10 massa aksi.

 

Sorong, Papua Barat

Sorong, puluhan masa aksi memperingati hari kemerdekaan Bangsa Papua Barat di sorong. Aksi yang bermula damai mendapatkan intimidasi dari aparat kepolisian secara membabi buta. Ada dua masa aksi yang dibawa ke polres Sorong, yakni Natalius Yewen dan Michael Idji. Aksi ini diinisiasi oleh Petisi Rakyat Papua (PRP) Sekber Sorong dengan tema Memperingati 61 tahun kemerdekaan Bangsa Papua.

 

Jakarta, Indonesia

Puluhan mahasiswa Papua melakukan unjuk rasa, mereka melakukan long march dari patung kuda sampai kedutaan Amerika Serikat. Aksi yang dilakukan di Jakarta ini merupakan gabungan dari berbagai organisasi, yakni Aliansi Mahasiswa Papua, Aliansi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se-Indonesia dan FRI-West Papua. Aksi yang dilakukan ini membawa tuntutan penolakan UU  Daerah Otonom Baru (DOB) dan memperingati hari kemerdekaan bangsa Papua.

 

Sumatera Utara

Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumatera Utara juga melakukan aksi di depan DPRD Sumatera Utara (1/12) dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Papua. Titik kumpul aksi ini dari asrama mahasiswa Papua yang kemudian long march menuju DPRD Sumatera Utara.

 

(Sulthoni / Jurnalis Dokterlaw)


Bagikan



location_on

Jl. Jendral Sudirman Komplek Pasar Harjamukti Blok A Ruko No. 08 Kota Cirebon 45143, Jawa Barat, Indonesia

phone

+62 857-5718-3104

email

[email protected]


Copyright © 2024 Dokter Law