Dipenghujung Tahun Kemenag RI Gelar Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan

2022-12-01 16:12:17 Dipublish Oleh: Aof




Rabu tanggal 30 November 2022 Kementrian Agama Republik Indonesia Menggelar Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan, dengan tema “ Penguataan Sinergi Kelembagaan dalam Penanganan , Pencegahan, Deteksi Dini dan Resolusi Konflik Keagamaan di Indonesia”

Dalam sambutan pembukaan acara Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menilai, pengamalan Islam di Indonesia pantas menjadi contoh keberagamaan dunia. Hal ini disampaikan Kamaruddin saat membuka Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan. 

"Artikulasi Islam di Indonesia itu one of the best kalau tidak dikatakan the best. Islam di Indonesia itu pantas menjadi model artikulasi keberagamaan Islam di dunia," ujar Kamaruddin dalam acara yang digelar Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag di Hotel Mercure Bandung City Centre, Rabu (30/11). Menurut Kamaruddin, pengamalan Islam di Indonesia memuat nilai-nilai universal yang bisa diterima oleh masyarakat internasional. Dia menegaskan, hal itu menjadi salah satu bukti bahwa Islam di Indonesia pantas menjadi model artikulasi keberagamaan Islam di dunia."Indonesia termasuk negara yang sangat baik dalam mengartikulasikan keberagaman. Negara ini mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Islam dengan baik, sehingga tidak berlebihan ketika menganggap bahwa artikulasi Islam di Indonesia pantas menjadi model," kata Kamaruddin. 

Untuk mewujudkan itu, Kamaruddin mengajak tokoh agama untuk semakin kreatif untuk menyiarkan ajaran agama yang moderat. Terlebih, menurutnya, dunia tengah mengalami kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat. "Masyarakat Indonesia didominasi oleh generasi muda yang mudah mengakses literasi digital, sehingga mereka mudah menerima informasi dan pengetahuan. Generasi ini menjadi objek perebutan pengaruh, termasuk pengaruh paham keagamaan. Karenanya kita mesti hadir untuk mereka," tandasnya.

Hadir, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat Ajam Mustajam Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Wawan Djunaedi, para Kasubdit di lingkungan Direktorat Urais Binsyar, serta para tamu undangan. Dan kemudian di hari kedua kamis 1 Desember 2022 membahas jaminan kemerdekaan beragama dengan Ketua YLBHI Muhammad Isnur dan Prof. Bambang Qomaruzaman Anies Guru besar UIN Bandung.


Bagikan



location_on

Jl. Jendral Sudirman Komplek Pasar Harjamukti Blok A Ruko No. 08 Kota Cirebon 45143, Jawa Barat, Indonesia

phone

+62 857-5718-3104

email

[email protected]


Copyright © 2024 Dokter Law